MENGINTEGRASIKAN SISTEM PENGAJARAN UMUM DI PESANTREN SABILAL MUHTADIN TEMBILAHAN
Abstract
Perubahan sosial dalam Islam untuk mewujudkan manusia yang selamat di dunia dan akhirat. Salah satu bentuk proses perubahan sosial adalah pendidikan, yang bertujuan meningkatkan kualitas manusia yang berdaya saing tinggi. Pendidikan di Indonesia terdapat model pendidikan pesantren dan model pendidikan sekolah. Model pendidikan pesantren bertujuan untuk mengembangkan kemampuan manusia dari aspek agama dan terbukti kurikulumnya 100% agama. Model pendidikan sekolah menekankan prestasi akademik, yang terbukti kurikulumnya 93% pengetahuan umum. Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) merupakan salah satu model pendidikan Islam yang mengintegrasikan dua sistem sosial, yakni keunggulan sistem sosial pesantren dan keunggulan sistem sosial sekolah. Model pendidikan Islam ini dapat menciptakan manusia yang agamawan sekaligus ilmuwan, sehingga dapat berperan penuh dalam sistem sosial kemasyarakatan. Sekolah Berbasis Pesantren dalam konsepsi perubahan sosial ini mengintegrasikan sistem pendidikan pesantren dan sistem pendidikan sekolah menjadi kesatuan yang utuh. Perubahan sosial ini merupakan perubahan karena adanya kemauan orang tua siswa dan hasil pemikiran para pakar untuk membentuk lembaga pendidikan yang mewujudkan lulusan yang ilmuwan dan agamawan.References
Abdul Gofur, 2010, Ilmu Pendidikan Isla, Jakarta : Insan Media Group
Abdullah syukri Zarkasyi, 1995, Makalah strategi pengembangan sistem Pesantren. Dalam perguruan tinggi universitas cokroaminoto Yogyakarta
Abuddin Nata dkk, 2005, Integrasi Ilmu Agama dalam Ilmu Umum. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada
Agus mirwan, 1984, Didaktik mengajar Sumbangsih offset,Papringan Yogyakarta.
Al-Qur’an Tajwid dan terjemah Mushaf Ar Rusydi 2008
Azyumardi Azra, 2000, Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Dawam Raharjo, 1984, Pesantren Pembaharuan, Jakarta LP3ES
Hasan langgulung, 1985, pendidikan dan Pradaban Islam, Jakarta Pustaka Al-Husna.
Karel A.Stenbrink. Pesantren Madrasah Dan Sekolah, Jakarta: LP3ES
Mastuhu, 1994, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta:seri INIS XX
Muhaimin, 2006, Nuansa Baru Pendidikan Islam; Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Pers
Muhammad Zein, 1990, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Yogyakarta: Sumbangsih Offset
Muliawan, Jasa Ungguh, 2005, Pendidikan Islam Integratif : Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Nasution, Azas-Azas Kurikulum, Bandung Jemans ,t.t.
Ramayulis, Metodologi Pengajarab Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Soewarmin, 1983, Pendidkan Sistematis seri 1. Yogyakarta: Panca Dewi.
Zamakhsari Dofier, 1994, Tradisi Pesantren studi tentang hidup kiai, Jakarta: LP3ES