MENGINTEGRASIKAN SISTEM PENGAJARAN UMUM DI PESANTREN SABILAL MUHTADIN TEMBILAHAN

  • Maimunah Maimunah Universitas Islam Indragiri
  • Fahrina Yustiasari Liriwati Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurryasidin Tembilahan

Abstract

Perubahan sosial dalam Islam untuk mewujudkan manusia yang selamat di dunia dan akhirat. Salah satu bentuk proses perubahan sosial adalah pendidikan, yang bertujuan meningkatkan kualitas manusia yang berdaya saing tinggi. Pendidikan di Indonesia terdapat model pendidikan pesantren dan model pendidikan sekolah. Model pendidikan pesantren bertujuan untuk mengembangkan kemampuan manusia dari aspek agama dan terbukti kurikulumnya 100% agama. Model pendidikan sekolah menekankan prestasi akademik, yang terbukti kurikulumnya 93% pengetahuan umum. Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) merupakan salah satu model pendidikan Islam yang mengintegrasikan dua sistem sosial, yakni keunggulan sistem sosial pesantren dan keunggulan sistem sosial sekolah. Model pendidikan Islam ini dapat menciptakan manusia yang agamawan sekaligus ilmuwan, sehingga dapat berperan penuh dalam sistem sosial kemasyarakatan. Sekolah Berbasis Pesantren dalam konsepsi perubahan sosial ini mengintegrasikan sistem pendidikan pesantren dan sistem pendidikan sekolah menjadi kesatuan yang utuh. Perubahan sosial ini merupakan perubahan karena adanya kemauan orang tua siswa dan hasil pemikiran para pakar untuk membentuk lembaga pendidikan yang mewujudkan lulusan yang ilmuwan dan agamawan.

References

Abdul Gofur, 2010, Ilmu Pendidikan Isla, Jakarta : Insan Media Group

Abdullah syukri Zarkasyi, 1995, Makalah strategi pengembangan sistem Pesantren. Dalam perguruan tinggi universitas cokroaminoto Yogyakarta

Abuddin Nata dkk, 2005, Integrasi Ilmu Agama dalam Ilmu Umum. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Agus mirwan, 1984, Didaktik mengajar Sumbangsih offset,Papringan Yogyakarta.

Al-Qur’an Tajwid dan terjemah Mushaf Ar Rusydi 2008

Azyumardi Azra, 2000, Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Dawam Raharjo, 1984, Pesantren Pembaharuan, Jakarta LP3ES

Hasan langgulung, 1985, pendidikan dan Pradaban Islam, Jakarta Pustaka Al-Husna.

Karel A.Stenbrink. Pesantren Madrasah Dan Sekolah, Jakarta: LP3ES

Mastuhu, 1994, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta:seri INIS XX

Muhaimin, 2006, Nuansa Baru Pendidikan Islam; Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Pers

Muhammad Zein, 1990, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Yogyakarta: Sumbangsih Offset

Muliawan, Jasa Ungguh, 2005, Pendidikan Islam Integratif : Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Nasution, Azas-Azas Kurikulum, Bandung Jemans ,t.t.

Ramayulis, Metodologi Pengajarab Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Soewarmin, 1983, Pendidkan Sistematis seri 1. Yogyakarta: Panca Dewi.

Zamakhsari Dofier, 1994, Tradisi Pesantren studi tentang hidup kiai, Jakarta: LP3ES

Published
2018-11-06
How to Cite
Maimunah, M., & Liriwati, F. (2018). MENGINTEGRASIKAN SISTEM PENGAJARAN UMUM DI PESANTREN SABILAL MUHTADIN TEMBILAHAN. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 5(2). https://doi.org/10.32520/al-afkar.v5i2.177
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>