MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN

  • Replianis Replianis Guru Sekolah Luar Biasa Prof. Sri Soedewi Maschum Sofwan SH Jambi

Abstract

Manajemen kelas merupakan upaya mengelola siswa di dalam kelas yang dilakukan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana/kondisi kelas yang menunjang program pengajaran dengan jalan menciptakan dan mempertahankan motivasi siswa untuk selalu ikut terlibat dan berperan serta dalam proses pendidikan di sekolah. Secara umum tujuan manajemen kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional dan intelektual dalam kelas. Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Kegiatan perencanaan kelas bertujuan untuk mengetahui tentang arah, tujuan, tindakan, sumber daya, sekaligus metode atau teknik yang tepat untuk digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Pengorganisasian kelas berkaitan dengan pengaturan sumber daya yang akan digunakan baik berupa pengaturan manusia ataupun pengaturan fasilitas. Guru perlu melakukan pengawasan terhadap peserta didik agar tidak terjadi penyimpangan dalam proses pembelajaran.

Published
2019-08-01
Section
Articles