KONSEP DASAR PENDIDIKAN KARAKTER

  • Nurmadiah Nurmadiah Universitas Islam Indragiri

Abstract

Pendidikan karakter akhir-akhir ini semakin banyak diperbincangkan di tengah- tengah masyarakat Indonesia, terutama oleh kalangan akademisi. Adapun pengertian Pendidikan karakter adalah sebagai upaya penanaman kecerdasan dalam berfikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengamalan dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan Tuhannya, diri sendiri, masyarakat dan lingkungannya. Adapun yang menjadi tujuan diadakannya pendidikan karakter adalah untuk menciptakan manusia Indonesia yang seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia serta memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam menjalankan kehidupan ini. Nilai-nilai dalam pendidikan karakter terdiri dari; 1. Religius, 2. Jujur, 3. Toleransi, 4. Disiplin, 5. Kerja Keras, 6. Kreatif, 7. Mandiri, 8. Demokratis, 9. Rasa Ingin Tahu, 10. Semangat Kebangsaan, 11. Cinta Tanah Air, 12. Menghargai Prestasi, 13. Bersahabat/Komunikatif, 14. Cinta Damai, 15. Gemar Membaca, 16. Peduli Lingkungan, 17. Peduli Sosial, dan 18. Tanggung Jawab.

Published
2018-09-19
How to Cite
Nurmadiah, N. (2018). KONSEP DASAR PENDIDIKAN KARAKTER. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 33-66. https://doi.org/10.32520/afkar.v6i2.236
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)