PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTs NURUL HUDA PARIT 5 SUNGAI LUAR KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

  • Maimunah Maimunah Universitas Islam Indragiri
  • Nur Komariah Universitas Islam Indragiri
  • Asnawiyah Asnawiyah Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Indragiri

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanaperan, upaya, dankendala yang dihadapi kepala kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Parit 5 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dituangkan dalam bentuk deskriptif kualitatif.Hasil penelitian yaitu : Pertama, peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Parit 5 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilirbelum terlaksana secara menyeluruh. Kedua, upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MTs Nurul Huda Parit 5 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hiliradalah menciptakan lingkungan yang kondusif, menjalin hubungan yang harmonis, memberikan motivasi, melakukan pengawasan secara terus menerus, dan memberikan penghargaan kepada tenaga kependidikan yang berprestasi.Ketiga,kendala yang hadapi kepala sekolah dalam meningkatkan Tsanawiyah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Parit 5 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hiliradalah kurangnya tenaga kependidikan yang berkompeten dibidangnya dan hubungan yang tidak terkoordinir atau putusnya komunikasi antara sesama tenaga pendidikan maupun antara sesama guru. Adapun cara yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan melakukan pendekatan persuasif, personal dan melakukan hubungan yang baik dengan tenaga kependidikan.

Published
2019-11-29
Section
Articles