IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU (MMT) TERHADAP KINERJA GURU DI MTs AL-ITTIHADIYAH RUMBAI PEKANBARU

  • Nova Pebriansah Mastuti Guru Madrasah Aliyah Yayasan Darut Taqwa Pekanbaru

Abstract

faktor penentu kualitas hasil pendidikan. Kemampuan guru untuk meningkatkan mutu hasil pendidikan sangat dipengaruhi oleh kemampuan profesional, faktor kesejahteraan, disiplin kerja, motivasi kerja serta sarana prasarana dari sekolah itu sendiri. atas kualitas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang (1) Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (MMT) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mts Al-Ittihadiyah Rumbai Pekanbaru, (2) faktor pendukung Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (MMT) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mts Al-Ittihadiyah Rumbai.Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang guru MTs Ittihadiyah Rumbai Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan empat langkah, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/ verifikasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan menajemen mutu terpadu (MMT) di MTs Ittihadiyah Pekanbaru sudah dilakukan seperti peningkatan layanan, SDM, Lingkungan dan proses pembelajaran, dan Dalam peningkatan Kinerja guru sudah dilakukan seperti tanggung jawab, motivasi, disipklin dan inisiatif (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen mutu terpadu adalah komitmen manajemen, kepemimpinan manajemen dan berorientasi pada konsumen.

Published
2020-09-02
Section
Articles