PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BIMBINGAN ORANGTUA TERHADAP AKHLAK ANAK DI KELURAHAN CINTARAJA KECAMATAN SAIL KOTA PEKANBARU

  • Suryani suryani Universitas Islam Indragiri
  • Asmariani Asmariani Universitas Islam Indragiri
  • Zakiah Darajat Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Indragiri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya anak di kelurahan cintaraja yang memiliki akhlak kurang baik dalam kehidupan sehari-hari mengalami masalah padahal Pendidikan Agama Islam dan Bimbingan Orangtua terakhlak anak di Kelurahan Cintaraja Kecamatan Sail Kota Pekanbaru sudah terlaksana dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Apakah ada Pengaruh pendidikan agama terhadap Akhlak Anak Dikelurahan Cinta Raja Kecamatan Sail Kota Pekanbaru ? (2) Apakah ada Pengaruh bimbingan orangtua terhadap Akhlak Anak Dikelurahan Cinta Raja Kecamatan Sail Kota Pekanbaru ? (3) Apakah ada pengaruh pendidikan agama dan bimbingan orangtua terhadap akhlak anak secara bersama-sama di kelurahan cinta raja kecamatan sail kota pekanbaru ?
Penelitian ini adalah penelitian langsung kelapangan mencari data dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 536 orang anak remaja dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 54, 10% dari populasi yang ada. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisa data menggunakan teknik korelasi product moment berganda dan regresi berganda. Untuk menganalisa data menggunakan program SPSS For windows release 21.0 Hasil penelitian: pertama, terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan agama terhadap akhlak anak di kelurahan cintaraja kecamatan sail kota pekanbaru. Hal ini didasarkan hasil korelasi nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan orangtua terhadap akhlak anak di kelurahan cinta raja kecamatan sail kota pekanbaru, sebab nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan Hasil analisis menunjukkan harga constanta besarnya 27,584 , harga koefisien pendidikan agama (X1) sebesar 0,367 dan bimbingan orangtua (X2) besarnya 0,257. Semua koefisien tersebut signifikan karena masing- masing signifikannya 0,000. Keempat, Untuk memperoleh persentase angka R2 (R square) sebesar 0,704 atau (70,4%). sehingga dikatagorikan kuat pengaruhnya. Sedangkan sisanya sebesar 30,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Published
2020-12-29
Section
Articles