MODEL MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT HADIST SERTA AKTUALISASINYA
Abstract
Tujuan dari Pendidikan untuk mengembangkan aspek batin/rohani dan jasmani/lahiriyah. Realitas di masyarakat membuktikan pendidikan belum mampu menghasilkan anak didik berkualitas secara keseluruhan. Kenyataan ini dapat dicermati dengan banyaknya perilaku tidak terpuji terjadi di masyarakat, oleh sebab itu perlu adanya model media pembelajaran yang relevan menurut hadist serta aktualisasinya. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi pustaka dengan menelusuri berbagai rujukan yang terkait dengan topik utama permasalahan. Strategi analisis yang digunakan adalah dengan memfokuskan pada interpretasi dan kontekstualisasi. Adapun yang dianalisis adalah (1) Alat dan Media Pendidikan menurut Hadist (2) Media Pembelajaran Visual (3) Aktualisasi Media Pembelajaran Visual dalam Pendidikan. Adapun hasil pembahasannya adalah Rasulullah SAW menjadikan dirinya sebagai media pembelajaran, kemudian juga menjelaskan bahwa beberapa media pembelajaran visual seperti menggunakan gambar, menggunakan jari, menggunakan kerikil. Aktualisasi dari media pembelajaran visual dalam Pendidikan yakni keteladanan, perintah dan larangan serta ganjaran dan hukuman.
Keyword: Media pembelajaran, Pendidikan, Hadist, Aktualisasi
Copyright (c) 2022 Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.