PERKEMBANGAN PENGAJARAN HADIS DI INDONESIA
Abstract
Perkembangan pengajaran hadis di Indonesia telah berlangsung secara bertahap, sampai kepada kemajuan yang dihasilkannya. Metode dan pendekatan yang diterapkan dalam karya-karya ulama yang dipublikasikan, menunjukkan bahwa perkembangan dan kemajuan pengajaran hadis di Indonesia, baik secara kuantitas maupun kualitas. Kemajuan pengajaran hadis didasarkan kepada kondisi dan faktor-faktor tertentu. Sehingga diperkirakan pengajaran hadis kedepannya akan lebih maju, namun pengajaran hadis tidak lepas dari tantangan dan peluang-peluang yang mungkin timbul dari usaha kemajuan tersebut. Untuk mencermati dan mengatasi masalah yang timbul, serta memanfaatkan peluang-peluang tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya pemahaman, dan penyempurnaan terhadap metode, dan pendekatan yang diterapkan dalam mengembangkan pengajaran hadis di Indonesia.
Kata Kunci : Tokoh, pengajaran hadis, prospek.
Copyright (c) 2023 Al-Afkar : Jurnal keislaman dan peradaban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.