The Role of PAI Teachers Through Classroom Action Research in Improving Islamic Character for Class X Students
The Role of Classroom Action Research for PAI Teachers: The Role of Classroom Action Research in Improving Islamic Character for Class X Students
Abstract
Dalam dunia pendidikan, penelitian tindakan kelas mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan keterampilan profesional guru, perubahan mutu pendidikan tergantung pada apa yang dipikirkan dan dilakukan guru. Oleh karena itu, kualifikasi guru diperlukan untuk meningkatkan keterampilan profesional guna meningkatkan mutu pendidikan nasional. Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu metode penelitian yang dilakukan oleh pendidik dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menunjukkan bahwa ada sesuatu dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan kualitas karakter Islami. Peneliti bertujuan untuk menganalisis peran Guru PAI melalui Penelitian Tindakan Kelas dalam meningkatkan karakter Islam. Peneliti menggunakan metode kualitatif kepustakaan (Library Research). Berkaitan dengan literatur artikel, serta sumber yang relevan. peneliti juga menggunakan data deskriptif sehingga penulis mengumpulkan sumber dan membuat catatan yang sesuai sehingga menjadi kesimpulan dan mempunyai makna bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penelitian tindakan kelas memberikan solusi bagi guru untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di kelas dan meningkatkan mutu belajar mengajar untuk meningkatkan mutu pendidikan yang bermutu.
Copyright (c) 2024 Al-Afkar : Manajemen pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.