TAFSIR TARBAWI SEBAGAI SALAH SATU CORAK VARIAN TAFSIR

  • Raja Muhammad Kadri Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang
Keywords: Tafsir, Tarbawi, Varian Tafsir

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk dan pedoman hidup. Al-Qur’an sangat memperhatikan sendi-sendi kehidupan manusia termasuk pendidikan. Pendidikan di dalam al-Qur’an merupakan sesuatu sangat penting, hal ini dibuktikan oleh wahyu pertama yang diturunkan berisi tentang perintah untuk membaca dan menulis yang merupakan bagian dari aktivitas pendidikan. Sebagian pakar pendidikan Islam, mengklaim al-Qur’an sebagai kitab pendidikan, dalam artian sebagai sumber utama atau landasan dalam pendidikan Islam hal ini dikarenakan ayat al-Qur’an banyak berbicara dan menyinggung tentang pendidikan. Untuk memahami ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan dibutuhkan corak penafsiran khusus yang dikenal dengan corak tafsir tarbawi. Hal ini sangat wajar, karena al-Qur’an itu selalu sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pemikiran serta menjawab problem kehidupan masyarakat terutama bidang pendidikan

References

AM, Rusydi (1999), Ulum Al-Qur’an I, Padang: IAIN IB Press, Cet.1
Al-Farmawi, A.,H., (2002), Metode Tafsir Maudhu’i, judul asli : al-Bidayah Fit Tafsir al-Maudhu’i : Dirasah Manhajiyyah Maudhu’iyyah, Bandung : Pustaka Setia
An-Nahlawi Abdurrahman (1995), Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibiha fi Baiti wal Madrasati wal Mujtama’ , Terj. Shihabuddin, (Jakarta : Gema Insani, Cet.1
Al-Qaradhawi, Yusuf (2000), Bagaimana Berinteraksi Dengan al-Quran, judul asli: Kaifa Nata’amal Ma’a al-Qur’an, Jakarta: Pustaka al-Kautsar
Al-Qaththan, Manna’ (2006), Pengantar Studi Ilmu al-Qur’an, judul asli: Mabahits fi ‘Ulumil Qur’an, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, cet.1
Ash-Shabuny,M.A., (1987), Pengantar Ilmu-Ilmu al-Qur’an, judul asli :Tibyan fi Ulumi Qur’an, Surabaya: al-Ikhlas
As-Shalih, Subhi (2011) Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Firdaus, cet.11
Daradjat Zakiah (2012), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2012Cet. 10
Khallaf , Abdul Wahab (1972), Ilmu Ushul Fiqh, Jakarta : Majlis al-A’la Indonsia
Munir, Ahmad (2008), Tafsir Tarbawi : Mengungkap Pesan Al-Qur’an Tentang Pendidikan, Yogyakarta : Teras , Cet.1
Nata Abuddin (2005), Pedidikan dalam Perspektif al-Qur’an, Jakarta : UIN Jakarta Press, Cet. 1
_______, (2010), Manajemen Pendidikan : Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, Cet.4
_______, (2014), Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (Tafsir Ayat Tarbawi), Jakarta : Rajagrafindo Persada, Cet.6
Nashir, Haedar (2019). Pembaruan Wawasan al-Qur’an, Yogyakarta: Majalah Suara Muhammadiyyah, Edisi ke-104
_______, (2019), Menafsirkan Kembali Kalam Ilahi, Yogyakarta: Majalah Suara Muhammadiyyah,Edisi ke-104
Rosidin (2015), Metodologi Tafsir Tarbawi, Jakarta : Amzah, Cet.1
Syafril & Fiddian (2017), “Paradigma Tafsir Ahkam Kontemporer” Jurnal Syahadah, Vol.V, No.1, April
Shihab, Quraish (1994), Membumikan Al-Qur’an, Bandung: Mizan
_______, (1998), Wawasan al-Qur’an, Bandung: Mizan
_______, (2013), Kaidah Tafsir, Jakarta: Lentera Hati
Untung Moh. Slamet (2005), Muhammad Sang Pendidik. Semarang Pustaka Rizki
Yusuf, Kadar M, (2011), Tafsir Tarbawi, Pekanbaru : Zanafa, Cet.2
Zulheldi (2019), Metode Tafsir Tarbawi, Jakarta: Rajagrafindo Persada, Cet.1
Published
2020-08-14
Section
Articles