PERSEPSI DAN PRILAKU PEDAGANG ETNIK TIONGHOA TERHADAP BANK SYARIAH DI KOTA JAMBI

  • Putri Apria Ningsih UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi
  • Agustina Mutia UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi
Keywords: Persepsi dan Perilaku, Bank Syariah, Etnik Tionghoa

Abstract

Upaya pengembangan perbankan syariah tidak cukup hanya berlandaskan kepada aspek-aspek legal formal atau perundang-undangan saja. Ada hal lain di luar undang-undang yang seharusnya mendapat perhatian serius, yakni sesuatu yang berhubungan dengan pangsa pasar atau masyarakat pengguna jasa (konsumen) bank syariah, masyarakat tionghoa merupakan pangsa pasar mengambang yang seharusnya dimanfaatkan oleh bank dalam meningkatkan keuntungannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana karakteristik pedagang tionghoa terhadap bank konvensional dan syariah serta bagaimana persepsi dan perilakunya. Dengan menggunakan analisis deskripstif kuantitatif dan analisis faktor. Hasil penelitian menyatakan bahwa mayoritas pedagang etnik Tionghoa di Kota Jambi pernah memanfaatkan jasa bank konvensional, namun hanya 8 responden dari 65 sampel yang pernah memanfaatkan jasa bank syariah. Lama penggunaan jasa bank konvensional oleh kebanyakan responden terhitung relatif baru, yaitu berkisar antara satu sampai lima tahun. Sedangkan masih relatif sangat baru, yaitu kurang dari satu tahun. Khusus untuk karakteristik responden terhadap bank syariah, mayoritas responden pernah mendengar bank syariah, yaitu 40 responden, dan 25 responden yang tidak pernah mendengar bank syariah Faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku pedagang etnik Tionghoa di Kota Jambi adalah faktor daya tarik bonus/hadiah dari bank syariah

References

Algoud, Latifa M., dan Mervyn K. Lewis. 2003. Perbankan Syariah. Terjemahan, Cet ke-2. Jakarta: Serambi.

Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, cet. Ke-6. Jakarta: Alfabeta.

Antonio, Muhammad Syafi'i. 2004. Bank Syariah; Dari Teori Ke Praktek, cet. Ke- 8. Jakarta: Gema Insani Press.

Anoname, “Kinerja Bank Syariah Makin Menggairahkan” http://jambi-independent.co.id/jip/ekonomi/item/565-kinerja-bank-syariah-makin-menggairahkan

Choudhury, Masudul Alam. 1986. Contribution Of Islamic Economic Theory : A Study In Social Economics. New York: St. Martin Press.

De Mente, Boye Lafayette. 1991. Etiket dan Etika Bisnis Dengan Orang Cina. Jakarta: Bumi Aksara.

El-Diwany, Tarek. 2003. The Problem With Interest; Sistem Bunga Dan Permasalahannya . Penerjemah Amdiar Amir. Cet. Ke-2. Jakarta: Akbar.

Gondomono. 1996. Membanting Tulang Menyembah Arwah: Kehidupan Kekotaan Masyarakat Cina. Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Gordon, Redding S. 1994. The Spirit of Chinese Capitalism. Jakarta: Abdi Tandur.

Hefner, Robert W. 2000. Budaya Pasar: Masyarakat dan moralitas dalam Kapitalisme Asia Baru. Penerjemah Iskandar Ali, Cet ke-1. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Idris. 2007. Aplikasi SPSS Dalam Analisis Data Kuantitatif. Fakultas Ekonomi Universitas Negri Padang.

Kartajaya, Hermawan, dan Muhammad Syakir Sula. 2006. Syariah Marketing. Cet ke-2. Bandung: Mizan.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control, 1k1thoendistioun NeewnJersey: Prentice-Hall International Inc.

Muslim. 1998. Shahîh Muslim. Riyadh: Baitul Afkar ad-Dauliyyah.

Robins, Stephen P. 2001. Organizational Behavior, 9th edition. Prentice-Hall International.

Sekaran, Uma. 2003. Research Methods for Business: A Skill Building Approach , 2nd edition. New York: John Willey & Sons.

Vasanty, Puspa. 1983. “Kebudayaan Orang Tionghoa di Indonesia” dalam Koentjanraningrat (ed.) Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Walgito, Bimo. 1990. Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarata: Andi Offset.

Yeni, Novida, Herri, Endrizal Ridwan. 2008. Studi Komparatif Terhadap Preferensi Agamis dan Ekonomis Pada Nasabah Bank Konvensional dan Bank Syariah di Kota Padang. Jurnal Ekonomi dan Management, FE UNAND.

Published
2019-01-21
Section
Articles